Jumat, 17 Juli 2009

Cara memperbaiki hard disk yang bad sector

Cara memperbaiki hard disk yang bad sector
Terkadang kita mengalami masalah pada hard disk computer kita, salah satu yang paling sering terjadi adalah bad sector. Untuk memperbaiki hard disk yang bad sector sebenarnya tidak terlalu sulit, cukup bermodalkan beberapa software saja seperti software low level format hard disk, tapi beda merk hard disk beda pula software yang diperlukan. Jika kita memakai hard disk Seagate maka software low level yang digunakan harus software khusus untuk hard disk Seagate.
1. Tahap pertama kita menggunakan software bootable untuk windows98, setelah itu masuk ke dalam menu command promt.
2. Buka file exe dari software low level format hard disk, setelah itu ikuti perintah untuk me low level hard disk.
3. Setelah selesai buat hard disk menjadi 1 partisi kemudian format partisi tersebut. Lihat sampai berapa persen yang berhasil diformat, contoh : jika hanya 60% maka hapuslah partisi yang kita buat sebelumnya setelah itu buat kembali partisi dibawah 60% sesuai dengan titik keberhasilan maksimal hard disk yang kita format.
4. Setelah itu coba format partisi yang kita buat jika berhasil berarti kita telah berhasil membuat 1 partisi bebas bad sector.
5. Kita masih bisa membuat partisi yang lain dengan memotong bagian yang terkena bad sector, dengan cara mengira-ngira berapa persen sector hard disk yang sudah rusak, kemudian kita buat partisi yang kedua yang berarti partisi yang telah rusak, setelah itu format lagi jumlah space hard disk yang tersisa, liat berapa persen keberhasilannya, contoh jika hanya 40% maka buat partisi dibawah persentase tersebut. Setelah itu format kembali harddisk.
6. Jangan lupa kita hapus partisi yang rusak tadi, sekarang kita telah mendapatkan 2 partisi bebas bad sector, jika masih ada banyak space yang tersisa kita bisa membuat partisi lagi dengan mengikuti cara diatas.

Demikian tips memperbaiki hard disk yang bad sector, ingat disini kita hanya memakai bagian hard disk yang bersih masih ada bagian hard disk lain yang telah terkena bad sector, karna itu segera ganti hard disk anda dengan hard disk yang baru, karena hard disk yang kita perbaiki tidak akan bertahan lama, langkah diatas hanya cara untuk memperpanjang umur hard disk kita. Karena cepat atau lambat bad sector pada hard disk anda akan menyebar. Semoga bermanfaat ^^.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Masukan Komentar Anda